Mempunyai website merupakan kebutuhan setiap orang yang berkecimpung bisnis, namun semakin berkembangnya teknologi juga diiringi dengan orang yang bermaksud berbuat jahat terhadap keberadaan website Anda, untuk itu suatu kewajiban bagi Anda untuk menguasai cara backup website yang berbasis menggunakan cPanel.

Setiap Anda menggunakan jasa hosting, tentunya anda bisa login ke cPanel anda dan saya tidak akan bahas untuk login menggunakan cPanel, namun kali ini silahkan Anda login.

Setelah Anda login, silahkan Anda cari icon Backups seperti gambar dibawah ini,silahkan anda klik icon Backups.

icon backup

 

Kemudian Anda akan diarahkan pada halaman backups, klik pada Home Directory yang artinya Anda membuat Backup pada seluruh file yang berada pada Home atau pada public_html.

home-backup

Lalu muncul perintah untuk mendownload backup file pada home, silahkan anda klik Ok untuk simpan file home Anda, tapi Anda harus ingat terletak dimana file penyimpanan  backup ini supaya bisa Anda gunakan sewaktu-waktu.

simpan-backup-home

 

Setelah Anda selesai membuat dan mendownload backup file pada home, Anda perlu melakukan backup pada database Anda, klik database yang bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini.

database backup

 

Setelah Anda klik, muncul perintah untuk menyimpan file backup database, klik OK

simpan database backup

 

Anda simpan baik-baik kedua file website Anda yang terletak pada Home serta file database Anda, supaya jika ada keperluan website Anda rusak atau di hack orang, maka Anda tidak perlu panik karena Anda sudah mempunyai file Backup website Anda yang tadi sudah Anda backup melalui cPanel.

 

WhatsApp chat